Minggu, 04 September 2011

Perbedaan Paypal, Liberty Reserve, dan AlertPay

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk bertransaksi dengan orang-orang, tidak hanya di lokal saja namun juga luar negeri. Sekarang ini kita sudah terbiasa bertransaksi melalui atm, sms banking, mobile banking serta internet banking.
Selain dengan cara di atas, sekarang bermunculan alat transaksi online (seperti rekening virtual) seperti:

Fungsinya sebagai alat pembayaran yang dilakukan melalui internet secara aman dan cepat dalam menerima dan mengirim uang digital. Namun beda vendor tentu akan beda fasilitas.
Liberty Reserve

Liberty Reserve menawarkan sistem keamanan yang lebih ketat dibanding AlertPay dan PayPal. Liberty Reserve mempunyai sistem pengamanan lima lapis yaitu anda diminta untuk memasukkan account number (bukan user id), password dan login pin, dan master key. Kemudian anda juga harus mengkonfirmasi bahwa tampilan ucapan selamat datang sama dengan yang anda buat ketika mendaftar.

Hal ini berfungsi untuk meyakinkan bahwa anda tidak nyasar ke halaman phishing. Selanjutnya pada langkah ketiga anda diberi dua pilihan yaitu langsung bertransaksi tanpa “benar-benar login” atau melanjutkan kembali mengakses main account.

Jika anda pilih opsi yang kedua, maka anda akan berhadapan sekali lagi dengan langkah terakhir dimana harus memasukkan 4-5 digit PIN yang telah dibuat sebelumnya. Liberty Reserve juga menawarkan produk Private Payment Option. Ketika melakukan pembayaran ke account lain disediakan pilihan untuk menyembunyikan account number pengirim terhadap penerima.

Awal bulan Februari 2009 Liberty Reserve mengeluarkan produk add-ons untuk Firefox yang berfugsi melindungi pengguna dari phishing atau fake site. Cara kerja Add-ons ini ketika anda memasuki halaman Liberty Reserve, di web browser bar paling bawah akan terlihat tulisan Liberty Reserve untuk menandakan bahwa anda sedang berada di website yang benar. Tapi kalau anda salah memasukan web address (URL), maka di bar tadi akan muncul gambar tengkorak. Add-ons ini bisa anda donwload dapatkan melalui Liberty Guard toolbar 1.32.

PayPal

Sedangkan PayPal lebih menawarkan fasilitas dalam bertransaksi. Beberapa produknya yaitu Student Account, PayPal Shipping, Balance Manager, dan PayPal Mobile. PayPal student accounts dirancang untuk anda yang masih berusia 13 tahun atau lebih.

Jika sebelumnya pengaktifan akun paypal hanya bisa dilakukan dengan credit card, sekarang dapat diklakukan dengan nomor rekening anda (disarankan anda memilih cara ini).Nah, yang perlu diwaspadai adalah jangan pernah menggunakan VCC (virtual credit card), kenapa?

AlertPay

Tapi jangan khawatir ada AlertPay yang memberikan tawaran yang berbeda dibanding PayPal yaitu untuk proses pengaktifan account bisa dilakukan hanya dengan mengirimkan rekening pembayaran seperti rekening listrik, rekening telepon, atau tagihan credit card dan photo identification seperti KTP, SIM, passport atau kartu kesehatan.

Jika anda tidak mempunyai rekening atas nama pribadi maka sejak september 2008 yang lalu AlertPay memberi kemudahan bersyarat: rekening yang di-submit-kan paling lama adalah 6 bulan yang lalu dan atas nama keluarga, tentunya dengan alamat tempat tinggal yang tertera sesuai dengan kartu identitas ter-input.

Atau bisa juga dengan merubah sistem pembayaran handphone anda, jika saat ini menggunakan layanan prabayar maka segera ganti menjadi pascabayar yang nantinya tagihan pemakaian telepon dikirim ke rumah.

AlertPay memperbolehkan setiap usernya untuk memasukan maksimum 15 rekening bank per negara hingga 30 rekening bank melalui AlertPay profile. Kalau anda memasukan rekening bank di Canada/US maka diperlukan autorisasi dan proses konfirmasi. Beberapa negara-negara di Asia yang sudah bisa menggunakan AlertPay untuk bertransaksi diantaranya Indonesia, Hongkong, Jepang, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Keterangan di atas adalah gambaran umum mengenai kelebihan dan kekurangan, serta fasilitas yang diberikan oleh masing-masing vendor. Nah, berdasarkan pengalaman pribadi saya yang telah mempunyai ketiga akun tersebut. Saya dapat menyarankan pada anda untuk memilih Liberty Reserve atau Alertpay ketimbang paypal.

Karena menurut saya liberty reserve adalah pilihan terbaik bagi pemula yang ingin berkecimpung di dunia bisnis online, selain cara verifikasi akunnya mudah, dia juga punya sistem keamanan yang berlipat ganda. Atau anda boleh coba Alertpay, karena cara verifikasinya yang cukup mudah yaitu dengan nomor HP saja. sedangkan paypal memang punya cukup banyak penggemar di dunia. Tapi, cenderung terlalu protektif, salah sedikit saja akun kita bisa terkena limited access dan cara pemulihannya pun cukup ruwet dan melelahkan.

Jadi, tentukan saja pilihan anda...!?

Sumber : www.woensteven.blogspot.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Top Bottom Back To Top