Minggu, 04 September 2011

Situs Hadits Online

Apa saja situs-situs hadits online yang ada?

Beberapa situs berikut kami dapatkan dari referensi teman-teman di dunia maya serta surfing di internet.
Antara lain:
  1. Hadits di www.al-islam.com. Hadits ditampilkan dalam bahasa Arab, Inggris, Indonesia, Melayu, Perancis, Deutch, dan Turki. Dalam versi Arab disertakan juga syarahnya. Sedangkan dalam bahasa Indonesia disingkat matannya saja. Mungkin juga di bahasa non Arab lainnya. Fitur dan isinya sudah sangat lengkap. Tetapi untuk mendapatkan sebuah hadits berikut Arabnya cukup ribet, disamping tulisan Arabnya gundul. Situs ini dikembangkan oleh Kementerian Urusan Keislaman, Wakaf, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi.
  2. Hadits Web versi 3.0. Pada headernya disebut sebagai “Kumpulan dan Referensi Belajar Hadits”. Isinya tentu tidak hadits saja, tetapi juga ringkasan, artikel tentang hadits, sejarah ahli hadits, dan lain-lain. Hadits ditampilkan dalam bahasa Indonesia saja, tanpa ada tulisan Arabnya. Ada versi download yang bisa dijalankan di komputer pribadi (non webbase). Situs ini dikembangkan oleh Sofyan Efendi.
  3. Situs saaid.net. Berbahasa Arab saja dan tidak hanya memuat tentang hadits.
  4. Situs Search Truth. Hanya berbahasa Inggris. Tidak saja memuat tentang hadits, tetapi juga informasi lainnya. Metode searchingnya sudah membedakan opsi antara: any word, all word dan exact word.
  5. Situs Hadith Search MSA-USC. Situs ini dikembangkan oleh MSA-USC (MSA=Moslem Student Assocation mungkin, dan USC=University of Southern California). Dalam bahasa Inggris. Tidak memuat hadits saja, tetapi juga informasi lainnya. Metode searching haditsnya menyediakan opsi: any word, penggunaan notasi boolean operation, seperti “and” atau “or”, dan sebagainya.
  6. User quran.noble di Yahoo Messanger (YM). Caranya lebih praktis, cukup dari Yahoo Messenger (YM) layaknya menghubungi (chatting) dengan lawan bicara. Kita tinggal mengetikkan hadits, no hadits, dan hal-hal lainnya untuk quran.noble “menjawabnya”. Seperti layaknya chatting biasa. Hanya saja, kita harus tahu format penulisan pertanyaan untuk mendapatkan sebuah hadits. Huruf Aravbnya juga masih gundul.
  7. Situs yang kami anggap cukup lengkap memuat kitab kutubuttis’ah (9 kitab) berikut kitab-kitab penjelasnya (syarah) adalah http://hadith.al-Islam.com milik Departemen Wakaf Kerajaan Saudi Arabia.
  8. Selain dalam bentuk online, juga ada situs Islam yang menyediakan kitab hadits secara soft copy yang bisa didownload secara gratis. Misalnya situs www.saaid.net
Demikian daftar penyedia hadits online di internet. Jika ada masukan baru, daftar ini tentu akan kami update.
Sementara, Ummulhadits tentu mengambil peran melengkapi dan mempermudah pencarian sebuah hadits diantara software-software tersebut.

Sumber : www.fandhilla.blogspot.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Top Bottom Back To Top